CGM (Corn Gluten Meal) untuk pakan ternak anda

corn gluten meal

CGM merupakan limbah pengolahan minyak jagung, menurut referensi lainnya merupakan hasil sampingan dari wet milling proses dari hasil sampingan pembuatan corn starch dan corn syrup. Dalam buku profil pakan Impor disebutkan bahwa Corn gluten meal merupakan limbah jagung dari proses penggilingan jagung secara basah dari jagung yang digunakan dalam industri tepung jagung dan syrup. Dalam proses sentrifugasi untuk memisahkan pati akan dihasilkan produk samping Corn gluten meal (CGM) yang mengandung protein jagung, dapat mencapai lebih dari 60% yang berguna untuk pakan. Pati juga dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai bahan baku industri lainnya, misalnya sirup berfruktosa tinggi (bahan pemanis) atau bahan fermentasi untuk menghasilkan vitamin, asam amino, atau diolah untuk menghasilkan turunan gula seperti sorbitol.
By product jagung yang satu ini sangat bermanfaat sebagai bahan baku pakan ternak karena kandungan energi, protein, asam-amino, xantophyll, vitamin dan mineral. Dalam dunia ternak penggunaan CGM pada umumnya digunakan untuk pakan ruminansia. Sedangkan penggunaan pada pakan unggas sampai 8% dari formulasi ransum pakan.

Penggunaan CGM sama seperti Corn Gluten Feed sudah banyak diterapkan dalam pakan ternak. Hal ini karena nutrisi yang dikandungnya. Dalam buku profil pakan impor disebutkan bahwa Corn gluten meal memiliki kandungan protein yang tinggi dan berserat rendah sehingga bermanfaat digunakan pakan broiler yang membutuhkan energi dan protein tinggi sehingga bersaing dengan protein hewani. Meski demikian kandungan asam amino hasil samping terutama lisin dan triptopan relatif rendah dan belum dapat memenuhi kebutuhan ayam dan babi, sehingga perlu penambahan bungkil kedelai yang tinggi kandungan lisin dan triptofannya. Selain itu Corn gluten meal juga mengandung karotenoid yang relatif tinggi yang bermanfaat memberi warna kuning pada telur dan warna kaki pada ayam broiler, sehingga bahan tersebut banyak digunakan dalam ransum ayam. Nilai TDN-nya lebih sedikit dari pada jagung dan serat kasar tertinggi adalah 5% dan terendah TDN-nya 78%.
Kandungan Kadar Air 9-10%, EM 3900-400 kkal/kg. Protein Kasar 65%.

Jual Corn Gluten Meal (CGM)

Kami di Nurbarokah Unggul Sejahtera siap melayani pesenan peternak yang membutuhkan CGM. CGM yang kami jual adalah produk yang biasa digunakan untuk pakan ternak. Berasal dari produksi lokal penggilingan jagung, jadi bukan impor, sehingga produk kami lebih fresh.

Spesifikasi produk CGM yang kami jual adalah sebagai berikut:

warna: Kuning segar ke coklat cerah

Kadar Air: maksimal 10 %

Kadar lemak: maksimal 4 %

kadar Abu: Maksimal 2 %

Kandungan Protein: minimal 60%

sangat cocok digunakan sebagai sumber protein pendamping tepung ikan (untuk mengurangi presentasi tepung ikan). produk CGM ini dikemas dalam karung plastik dengan berat per karung adalah 50 kg.

Berminat? silahkan klik cara order.


Comments

8 responses to “CGM (Corn Gluten Meal) untuk pakan ternak anda”

  1. ovan agus hermawanto Avatar
    ovan agus hermawanto

    minta informasi harga cgm dan cara pemesanan

    1. nusfeed Avatar
      nusfeed

      Klik logo whatsapp untuk info detail

      1. Edi Supriyadi Avatar
        Edi Supriyadi

        Mohon informasi hrg cgm

        1. Bisa chat via whatsapp untuk info harga

  2. Harga berapa
    Tolong wa saya 081803282075

    Saya butuh data-data tersebut untuk saya jual lagi

  3. […] Dear pelanggan, kali ini kita akan membahas Corn gluten feed biasa disingkat dengan CGF untuk pakan ternak. Cgf merupakan salah satu turunan dari pengolahan jagung, sebelumnya kita pernah membahas corn gluten meal. […]

  4. Sila Buka tautan ini untuk melihat katalog kami di WhatsApp: https://wa.me/c/6285831230078

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *