Pengujian Mutu Bahan Pakan: secara fisik, kimia, dan biologis

Bahan pakan yang akan digunakan selayaknya diuji dulu. Pengujian bahan baku pakan ternak ataupun pakan dapat dilakukan secara fisik, kimia, dan Biologis.

  1. Pengujian secara fisik

Pengujian secara fisik digunakan untuk medapatkan informasi bahan pakan secara keseluruhan, dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu:

  • Makroskopis

Meliputi: warna masih tetap (tidak berubah), pecah atau utuh (untuk biji-bijian), bebas bau tengik, bebas jamur, bebas insekta, kadar air (basah / kering).

  • Mikroskopis

Menggunakan mikroskop untuk mengetahui kemurnian bahan; memerlukan tenaga terlatih yang dapat mengidentifikasi dan menghitung berapa bahan yang tercampur beserta kontaminasinya, misal benda asing, jamur dan lain sebagainya.

  1. Pengujian secara kimia

Pengujian secara kimia lebih akurat namun memerlukan waktu dan biaya yang cukup tinggi. Dari analisa kimia ini biasanya meliputi:

  • Analisa proksimat, yaitu menggolongkan komponen yang ada dalam bahan pakan. Meliputi kadar: air, abu (mineral calsium dan phosphor), protein kasar, lemak kasar, dan serat kasar.
  • Analisa serat. Biasanya digunakan untuk mengetahui kandungan sellulose dan lignin untuk pakan ternak ruminansia (hijauan)
  • Bomb calorimeter. Untuk menghitung energy total (gross energi) pakan dan bahan atau produk sapingan (faeces dan urine), jaringan.
  • Chromatography. Untuk melihat kandungan mineral dengan dasar meihat perbedaan warna, sangat sensitif, mudah dan cepat.
  • Calorimetry dan pectometry. Analisa kimia dimana cahaya dilewatkan cairan sample dan akan menghasilkan informasi konsentrasi atau komponen / zat makanan, obat-obatan dan vitamin.
  • Analisa asam amino dan protein. Terutama untuk pakan konsetrat ternak non ruminansia yaitu asam amino. Perlatan dan pengoperasian analisi ini dengan peralatan yang canggih.
  1. Pengujian secara biologis

Pengujian secara biologi dilakukan dengan metode mikrobiologi dan menggunakan hewan ternak dengan persyaratan tertentu untuk mengaplikasikannya.

Nah sudah tahu kan cara-cara pengujian mutu bahan baku pakan ternak. Di Nusfeed.id seluruh  produk pakan yang dijual memiliki hasil pengujian mutu secara kimia (Proksimat). Untuk anda yang butuh certifikat of analisys bisa minta via chat Whastapp.


Comments

2 responses to “Pengujian Mutu Bahan Pakan: secara fisik, kimia, dan biologis”

  1. Terima kasih sudah menjelaskan macam macam pengujian bahan hasil pertanian dan produknya

  2. Galang aji wahyudi Avatar
    Galang aji wahyudi

    Lebih memahami bahan pakan ternak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *