Alat dan mesin pengolahan pakan – bagian 1

Kali ini kita akan membahas berbagai alat yang digunakan pada pabrik pakan mini. Tulisan ini adalah lanjutan dari artikel Pembangunan pabrik Pakan skala Mini: Lay out pabrik dan kebutuhan peralatan. Adapun jenis alat dan mesin yang dipergunakan untuk pembuatan pakan ternak pada pabrik pakan ternak skala kecil terdiri dari berbagai alat sebagai berikut:

Silo

Silo merupakan unit penyimpanan bahan pakan, terutama yang berbentuk biji-bijian (cereal grains). 

Saringan kasar (screen)

Dipergunakan untuk membersihkan bahan pakan dari benda asing (besi, krikil, pasir kayu dan lain-lain). Penyaringan tahap awal ini dimaksudkan untuk menyaring bahan agar mempunyai ukuran yang relatif seragam sebelum dilakukan pengecilan ukuran.

Pemecah (Hammer Mill)

Dipergunakan untuk memperkecil ukuran bahan pakan biji-bijian atau bahan pakan lainnya.

Penepung (disk mill)

Merupakan alat penghalus dan penepung. Alat ini berfungsi untuk mengecilkan ukuran bahan pakan seperti tepung sehingga mudah dicerna dengan baik oleh ternak.

Ayakan (Sifter)

Alat ini berfungsi untuk menyaring bahan yang digiling pada alat Diks mill, sehingga ukuran bahan menjadi seragam dan akan memudahkan pengolahan selanjutnya. Sebaiknya menggunakan ayakan dengan ukuran Mesh yang kecil sehingga bagian yang masih kasar kasar akan digiling kembali.

Timbangan (Weight)

Timbangan kasar (makro) dipergunakan untuk menimbang bahan dengan skala kilogram.

Timbangan halus (mikro) dipergunakan menimbang bahan dengan skala 1 miligram atau gram.

Tulisan berlanjut ke Alat dan mesin pengolahan pakan – bagian 2


Comments

4 responses to “Alat dan mesin pengolahan pakan – bagian 1”

  1. […] Tulisan berlanjut ke Alat dan mesin pengolahan pakan – bagian 1 […]

  2. […] ini merupakan kelanjutan dari tulisan Alat dan mesin pengolahan pakan – bagian 1. Jenis alat dan mesin yang dipergunakan untuk pembuatan pakan ternak pada pabrik pakan ternak […]

  3. […] pembahasan peralatan dalam pabrik pakan skala Mini. Setelah sebelumnya kita membahas mengenai alat dan mesin yang dipergunakan dalam pembuatan pakan ternak, tulisan kali ini adalah peralatan pendukung dalam pembuatan pakan ternak. Sesuai dengan […]

  4. Optimal Trim Reviews Avatar
    Optimal Trim Reviews

    I like this blog so much, saved to my bookmarks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *